Kenali Niat Sholat Malam Witir, Dan Pelaksanaannya.

namabayimu.com – Qiyaumul lail adalah menggunakan waktu malam atau sebagiannya walaupun sebentar untuk sholat, membaca Al Quran atau berdzikir kepada Allah Subhana wa Ta’ala, dan tidak diisyaratkan untuk menggunakan seluruh waktu malam. Bahkan qiyamul lail ini juga didefinisikan dengan menyibukan diri pada sebagian besar malam dengan ketaatan, tilawah Al Quran, mendengar hadits, bertasbih, bershalawat.  Jadi, dengan demikian qiyaumul lail ini berlaku umum untuk sholat atau ibadah lainnya yang dilakukan pada malam hari, baik sebelum tidur atau setelah tidur, termasuk sholat witir. 

Sholat Witir

Sholat witir ini merupakan salat sunnah penutup ketika mengerjakan ibadah salat sunnah malam. Sholat witir ini merupakan salat dengan ganjil jumlah rakaatnya, baik 1 rakaat hingga 3 rakaat. Lalu bagaimana tata cara salat witir  3 rakaat? Apakah sama seperti melaksanakan salat maghrib? 

Dalam hal ini, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam bersabda, : “Janganlah lakukan shalat witir yang tiga rakaat seperti shalat Maghrib. Namun berwitirlah dengan lima atau tujuh rakaat”. (HR.Ibnu Hibban no. 2429. Sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim).

Jadi, pengerjaan salat witir 3 rakaat yang menyerupai salat maghrib menggunakan tasyahud awal itu tidak diperbolehkan. Namun, bukan berarti salat witir dengan 3 rakaat juga tidak diperbolehkan. 

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam bersabda, :“Siapa yang suka lakukan witir tiga rakaat, maka lakukanlah.” (HR.Abu Daud)

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam biasa berwitir tiga rakaat sekaligus, beliau tidak duduk (tasyahud) kecuali pada rakaat terakhir.” (HR. Al Baihaqi). 

Waktu Pelaksanaan

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan salat witir ini dilakukan setelah isya’ hingga terbitnya fajar. Hal ini ditegaskan dengan hadits berikut :

“Aisyah Radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata : Dahulu, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam shalat antara setelah selesai Isya’, yaitu yang disebut oleh orang-orang dengan – al-‘atamah-sampai fajar sebelas rakaat dengan salam setiap dua rakaat dan berwitir satu rakaat.” (HR.Muslim).

Sedangkan waktu untuk melakukannya tergantung pada kemampuan masing-masing. Jika seseorang tidak yakin dirinya akan mampu bangun di akhir malam, maka dia bisa melaksanakannya saat sebelum tidur. Namun, jika dirinya yakin mampu bangun di akhir malam, maka sebaiknya dilakukan di akhir malam saja. 

“Barangsiapa yang khawatir tidak bangun di akhir malam, maka witirlah di awalnya. Dan yang yakin akan bangun di akhir malam, maka witirlah di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan dan itu lebih utama.” (HR.Muslim).

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendidik Anak Dalam Islam? Yuk, Kita Cari Tahu!

Tata Cara Sholat Witir

Tata cara sholat witir sama dengan sholat pada umumnya. Sholat witir ini dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil. Bisa 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, bahkan hingga 11 rakaat. Namun sebagian besar orang melakukan dengan 1 rakaat atau 3 rakaat. Nah, jika anda ingin melaksanakan dengan 3 rakaat, anda dapat melakukannya dengan 3 rakaat sekali salam, atau dibagi menjadi 2 rakaat kemudian dilanjutkan 1 rakaat. Berikut lafaz niat sholat malam witir :

Niat Salat Malam Witir Sendiri Satu Rakaat

Ushalli sunnatam minal witri rak’atal lillahi ta’ala

Artinya : “Aku niat salat sunnat witir satu rakaat karena Allah ta’ala.”

Niat Salat Malam Witir Sendiri Dua Rakaat

Ushalli sunnatam minal witri rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya : “Aku niat salat sunnah witir 2 rakaat karena Allah ta’ala.”

Niat Salat Malam Witir 3 Rakaat Sekaligus

Ushalli sunnatam minal witri tsalatsa rak’atin musataqbilal qiblati ada’an lillahi ta’ala

Artinya : “Aku menyengaja salat sunnah witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala

Begitulah pemahaman terkait sholat malam witir baik niat maupun waktu pelaksanaannya, Semoga bermanfaat.

Baca Juga : YUK KENALI NIAT SHOLAT MALAM, SHOLAT TARAWIH.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *