5 Ucapan Belasungkawa Yang Tidak Boleh Diucapkan, Apa Saja?

NamaBayiMu.com – Kematian atau kepergian seseorang yang kita sayangi adalah suatu hal yang wajar tetapi sangat menyedihkan untuk setiap orang. Mereka yang ditinggalkan membutuhkan semangat yang luar biasa untuk dapat kembali hidup seperti semula tanpa memikirkan hal hal yang membuat dirinya sedih. Pada momen berkabung yang dialami seseorang, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantunya sedikit lebih tegar, yaitu dengan memberi ucapan belasungkawa yang menghangatkan.

Namun di momen berduka, terkadang ada saja kesalahan dalam memberikan ucapan belasungkawa, walau orang yang mengucapkan tidak bermaksud untuk menyakiti hati.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita lebih aware dalam pemilihan kalimat yang dilontarkan dan lebih mengetahui ucapan belasungkawa yang tidak boleh diucapkan pada momen berkabung.

Jika kita merasa tidak mengetahui hal apa yang harus kita sampaikan, cukup berikan ucapan yang menunjukkan rasa empati. Anda bisa mengatakan bahwa Anda juga ikut kehilangan dan bersedia untuk menemani orang yang sedang berduka tersebut di masa-masa sulitnya.

Di sini akan dijelaskan beberapa kalimat yang sebenarnya sering sekali diucapkan banyak orang ketika melakukan kegiatan melayat tetapi ternyata kalimat-kalimat tersebut tidak dibolehkan untuk diucapkan karena akan memberikan kesan berbeda kepada setiap orang. 

Ucapan Belasungkawa yang Tidak Boleh Diucapkan

1. Kata “Mereka sudah tenang dan berada di tempat yang lebih baik lagi

Satu kalimat ini mungkin menurut Anda biasa saja dan tidak ada maksud untuk menyakiti atau menyenggol orang lain, tetapi beberapa orang masih belum bisa membayangkan orang yang mereka sayang berada di tempat yang berbeda dengannya.

Membayangkan mereka yang pergi berada di tempat yang indah dan menyenangkan pasti satu hal yang baik tetapi orang yang ditinggalkan belum tentu siap membayangkan bahwa mereka telah ditinggal selama-lamanya. 

Oleh karena itu, ucapan belasungkawa yang satu ini alangkah baiknya jika tidak Anda lontarkan pada momen berduka.

2. Kata “Dia sudah tidak menderita lagi

Ucapan belasungkawa yang satu ini seringkali diucapkan pada momen berkabung. Padahal kata-kata ini bisa membuat orang lain merasa tersinggung karena perasaannya sedang sensitif.

Ketika orang yang pergi atau meninggal memang diawali dengan sebuah penyakit lalu ketika mereka meninggal banyak orang yang mengatakan hal tersebut, sama saja dengan menyinggung keluarganya kurang baik dalam menjaga orang yang meninggal semasa hidupnya. Maka lebih baik Anda tidak mengucapkan kalimat ini dan tenangilah dengan pelukan yang hangat untuk menenangkan hati yang ditinggalkan.

Baca juga: 10 Ucapan Maulid Nabi Yang Cocok Dijadikan Status WA

3. Menawarkan sebuah bantuan

Menawarkan sebuah bantuan memang suatu hal yang penting dan sangat baik dilakukan, tapi apakah ketika sedang larut dalam kesedihan orang tersebut akan terpikir untuk meminta bantuan secara langsung? Jika ingin membantu, lakukanlah sesuatu tanpa harus diminta terlebih dahulu. Tunjukkan kesungguhan Anda dalam membantunya.

4. Kata-kata “Waktu akan cepat berlalu

Mungkin kata-kata ini terdengar sederhana dan tidak menyakitkan, tetapi sebenarnya orang-orang yang sedang berduka mungkin tidak akan bisa menerimanya dengan lapang dada.

Perasaaan yang masih mentah ditambah dengan emosi yang masih menggebu-gebu akan membuat mereka merasa Anda tidak mengerti apa yang dirasakan dan hal itu menyakitkan hati mereka yang ditinggalkan.

5. Menghakimi perasaan dengan mengatakan “Lihat sisi baiknya..

Orang mungkin suka lupa apa yang mereka katakan. Tetapi ketika kondisi yang sedang muram seperti ini mereka akan mudah menyerap kata-kata yang menurut mereka menyakitkan. Seperti halnya kata kata “lihat sisi baiknya..”.

Mereka yang ditinggalkan sudah tau, Anda tidak perlu menjelaskan hal itu lagi. Mereka sangat paham tidak ada sisi buruk yang mereka bisa ambil, apakah mereka ingin bersedih terus menerus? Tentu tidak.

Jika Anda mengucapkan kalimat di atas sebagai ucapan belasungkawa, pasti di dalam hati orang yang ditinggalkan akan terasa marah serta emosi karena hal tersebut mungkin menyakitinya. Kata kata tersebut tidak akan menghilangkan rasa sakit melainkan menambah kekesalan bahkan kesedihan yang ada pada diri orang tersebut.

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa yang tidak boleh diucapkan pada momen berkabung. Apabila bingung, Anda bisa memberikan kata-kata yang mendukung dan sudah pasti positif sehingga orang yang ditinggalkan merasa kembali hidup dan merasa bahwa masih banyak orang yang menyayangi dan mencintainya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendidik Anak Dalam Islam? Cari Tau Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *