Deretan Jenis Vitamin Yang Ampuh Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

NamaBayimu.com – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kehamilan merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri. Tentu saja program kehamilan itu tidak hanya tergantung pada tingkat kesuburan wanita, tapi tingkat kesuburan pria juga harus diperhatikan. Berbicara soal cara meningkatkan kesuburan pria, biasanya kita kan langsung tertuju pada suplemen-suplemen tertentu. Padahal, ada beberapa cara alami yang ampuh untuk meningkatkan kesuburan pada pria lho. Salah satunya dengan mengonsumsi beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan kesuburan pria.

Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak apa saja jenis vitamin tersebut melalui ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Vitamin untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Vitamin C

Jenis vitamin pertama yang ampuh untuk meningkatkan kesuburan pria, yakni berupa vitamin C. Mengapa demikian? Pasalnya, vitamin C ini memiliki sifat antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan pria. Menurut para pakar gizi, vitamin C sangat berperan penting dalam motilitas sperma lho. Vitamin C itu sendiri bisa kamu jumpai pada berbagai jenis makanan seperti buah jeruk, apel, pepaya, strawberi, brokoli, dan sayuran yang berdaun hijau. 

2. Asam Folat

Selain vitamin C, asam folat juga memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan kesuburan pada pria. Bahkan, kadar asam folat ini berkaitan dengan jumlah sperma dan kualitasnya. Hal tersebut juga dibenarkan oleh beberapa penelitian, yang menyebutkan bahwa kadar folat rendah dikaitkan dengan stabilitas DNA sperma yang buruk. Agar bisa mendapatkan asupan asam folat, kamu harus mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah alpukat, tomat, jeruk, bayam, brokoli, kacang merah, sereal, sayuran berdaun hijau, telur, kentang, dan umbi-umbian lainnya.

3. Vitamin E

Sama halnya seperti vitamin C, dimana vitamin E ini juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama, yang menyebutkan bahwa jumlah radikal bebas dalam tubuh bisa menjadi faktor terjadinya infertilitas pada beberapa pria. Mengingat akan hal itu, tentu saja vitamin E menjadi aktor utama dalam menetralisir radikal bebas tersebut. 

4. Zinc

Kandungan zinc atau yang lebih populer dengan nama seng, memiliki peran yang tidak kalah pentingnya juga dalam meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Ya, terang saja demikian, sebab kandungan yang satu ini berperan sebagai peningkat imunitas, yang sudah terbukti mampu meningkatkan motilitas sperma pria. Berdasarkan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun lalu, terkait fungsi zinc terhadap kualitas sperma. Lantas, jenis makanan apa sajakah yang harus kita konsumsi untuk mendapatkan asupan zinc? Jenis makanan yang kaya akan kandungan zinc itu diantaranya adalah daging merah, tiram, biji labu, sarden, dan kepiting. 

5. Selenium

Jenis vitamin untuk meningkatkan kesuburan pria selanjutnya, yakni berupa selenium. Meski membutuhkan asupan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun kandungan selenium ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatkan kesuburan pria lho. Sebab ia mempunyai sifat antioksidan, yang tentu saja dapat membantu meningkatkan motilitas sperma. 

Hal tersebut juga diungkapkan oleh beberapa penelitian, bahwa asupan selenium sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, kandungan selenium ini memiliki peluang untuk konsepsi. Adapun mengenai beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan selenium, mulai dari ikan tuna, kacang merah, kacang tanah, buah-buahan, daging merah, dan sayuran berdaun hijau. 

Nah, itulah beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan kesuburan pria. Agar peningkatan kesuburannya itu lebih maksimal, sebaiknya diimbangi juga dengan pola hidup yang sehat ya!

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Masa Subur Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *