Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Ampuh

Namabayimu.com – Pada dasarnya, berat badan yang ideal itu selalu disertai dengan bentuk tubuh yang ideal juga. Itu sebabnya, mengapa setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit pula masyarakat kita yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas.

Ya, hal tersebut juga tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat modern yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji (junk food), konsumsi minuman beralkohol, merokok, dan jarang berolahraga.

Pengertian Obesitas

Istilah obesitas ini merujuk pada sebuah kondisi, dimana seseorang memiliki berat badan yang melebihi batas normal.

Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa cara untuk melakukan kasifikasi terhadap kegemukan, namun salah satu metode yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan IMT (Indeks Massa Tubuh).

Ya, metode tersebut dilakukan dengan cara mengukur perbandingan antara berat badan dalam itungan kg (kilogram), dan tinggi badan dalam itungan meter.

Penyebab Obesitas

Berdasarkan dari hasil penelitian, masalah obesitas ini akan terjadi ketika kadar kalori masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Alhasil, masalah tersebut dapat menyebabkan energy menjadi berlebihan, sehingga akan diubah menjadi cadangan dalam bentuk lemak.

Bukan hanya itu, obesitas juga bisa disebabkan karena pengaruh genetic, perilaku, dan hormonal pada berat badan.

Masalah obesitas ini bisa ditelusuri ke penyebab medis, mulai dari sindrom prader-will, sindrom cushing, penyakit, dan berbagai kondisi lainnya.

Kendati demikian, masalah tersebut jarang terjadi. Pada umumnya, penyebab utama dari masalah obesitas itu karena jarang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Gejala Obesitas

Pada dasarnya, tahap awal pada masalah obesitas ini sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga si penderitanya tidak menyadari bahwa berat badannya terus meningkat.

Si penderita baru akan menyadari gejalanya, setelah orang-orang disekitar memberi tahu si penderita bahwa ukuran badannya semakin membesar.

Diagnosis obesitas terjadi ketika indeks massa tubuh (BMI) menunjukkan angka 30 atau lebih tinggi.

Indeks Massa Tubuh dihitung dengan membagi berat badan dalam itungan kilogram dengan tinggi badan dalam itungan meter kuadrat.

Pada umumnya, BMI ini bisa memberikan informasi mengenai perkiraan kadar lemak dalam tubuh. Namun, BMI tidak bisa langsung mengukur kadar lemak dalam tubuh.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tentang cara menurunkan berat badan. Nah, secara kebetulan juga, berikut di bawah ini ada 10 cara menurunkan berat badan menggunakan tips alami:

cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami

1. Jangan Sering Mengonsumsi Makanan-makanan Cepat Saji

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa salah satu faktor yang bisa menyebabkan berat badan terus naik itu dikarenakan sering mengonsumsi makanan-makanan cepat saji.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mulai mengurangi makanan-makanan cepat saji tersebut. Namun akan jauh lebih baik lagi, apabila kamu menghindari makanan-makanan cepat saji ini, dan menggantinya dengan mengonsumsi makanan berprotein seperti telur, daging ayam, dan ikan.

2. Kurangi Kuliner Yang Manis-manis

Selain makanan cepat saji, ternyata kuliner manis juga bisa menyebabkan berat badan terus bertambah lho! Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kuliner-kuliner manis tersebut bisa memicu berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan diabetes.

Jika pun ingin mengonsumsi kuliner yang manis-manis, sebaiknya kamu pilih yoghurt, smoothies, pudding, buah, dan ubi jalar.

Pasalnya, kuliner-kuliner ini memiliki kadar karbohidrat yang cukup rendah, sehingga aman meski kamu sering mengonsumsinya.

3. Minum Air Jeruk Nipis

Tahukah kamu? Bahwa meminum segelas air hangat dengan perasan air jeruk nipis ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, dan zat besi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu meminum air jeruk nipis ini 1 gelas di pagi, 1 gelas di siang, dan 1 gelas sebelum tidur malam. Namun, ramuan ini tidak dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki masalah lambung!

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Ini dia salah satu cara alami paling simple yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, air putih memiliki beragam manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, bagus untuk system pencernaan, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

5. Meminum Ramuan Madu dan Jahe

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa madu dan jahe memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, salah satunya dapat menurunkan berat badan secara alami.

Mengenai cara membuatnya, siapkan 1 gelas air hangat, lalu campurkan 2 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe kedalamnya, kemudian minum ramuan tersebut sampai habis.

Baca juga: Biar Tak Salah Kaprah, Ketahuilah Penyakit Herpes Dan Infeksi Virus Herpes

6. Mengonsumsi Makanan-makanan Yang Kaya Serat

Selain dapat menurunkan berat badan, makanan-makanan yang kaya akan serat ini juga dapat memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, dan membersihkan saluran pencernaan.

Makanan-makanan kaya akan serat ini bisa kamu jumpai pada kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

7. Jangan Makan Lebih Dari Jam 6 Sore

Pada dasarnya, sarapan membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energy agar kita bisa menjalani rutinitas dengan baik.

Ketika makan siang, sebaiknya kamu makan dalam porsi yang lebih sedikit dari porsi makan saat sarapan. Begitu juga untuk makan malam, dikarenakan kamu sudah selesai menjalani rutinitas sehingga tidak perlu memakan dalam porsi banyak.

Jikapun ingin makan dalam porsi banyak, sebaiknya kamu jangan langsung tidur setelah selesai makan.

8. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau ini memang sudah dikenal sejak lama yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut diantaranya dapat menurunkan berat badan, memperlancar metabolisme tubuh & metabolisme lemak, hingga mencegah kanker.

Nah, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu mengonsumsi teh hijau teh hijau sebanyak 2 gelas per hari.

9. Melakukan Gerakan Kardio

Menurut informasi yang di dapat, kardio ini merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti, berlari, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Ya, dengan melakukan gerakan kardio, tentu saja otot-otot di tubuhmu akan bekerja dengan baik, mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, dan pundak.

Tak perlu berlama-lama, kamu hanya perlu melakukan olahraga kardio dengan durasi skeitar 15 – 30 menit per harinya.

10. Lakukan Gerakan Sit-up dan Push-up

Tips ampuh berikutnya yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan secara alami, yakni dengan melakukan gerakan sit-up dan push-up.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up per harinya. Agar hasilnya lebih maksimal, tingkatkan intensitas latihan gerakan ini setiap harinya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menurunkan berat badan secara alami. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Inilah Penyebab Penyakit HIV dan Gejala HIV Sebaiknya Dihindari Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *