7 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Namabayimu.com – Temulawak atau Curcuma Xanthorriza merupakan rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, temulawak juga sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit Anda.

Sama halnya dengan rempah lain, Anda bisa mengonsumsi temulawak dengan menjadikannya menjadi jamu. Jamu itu minuman tradisional Indonesia yang sudah banyak terbukti khasiatnya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Anda juga bisa berinovasi membuat panganan yang menyertakan temulawak di dalamnya. Banyak manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang bisa diperoleh.

Rasa jamu memang dominan pahit. Tetapi bukan berarti sedikit orang yang menyukai jamu. Justru sebaliknya, banyak yang memfavoritkan jamu sebagai bentuk dari pola hidup sehat.

Lalu apa yang menjadikan rempah-rempah Indonesia khususnya temulawak menjadi bahan spesial? Berikut ini adalah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh saat mengonsumsinya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Temulawak memiliki banyak khasiat yang baik buat tubuh. Di dalam temulawak terkandung zat alami anti peradangan yangmana mampu membasmi bakteri yang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Dan apabila Anda mengonsumsi temulawak secara teratur, maka akan menjaga jantung tetap sehat. Saat ini banyak produk dari temulawak yang telah dibuat secara canggih.

Anda bisa membuat racikan sendiri di rumah untuk merasakan sensasi konsumsi temulawak yang berbeda. Temulawak ini bisa dijadikan sebagai suplemen atau meminumnya secara langsung.

2. Mencegah penyakit kanker

Kandungan anti peradangan yang terkandung di dalam temulawak tidak hanya mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi kandungan tersebut juga mampu mencegah Anda terkena penyakit kanker.

Peran anti peradangan di sini adalah mencegah perkembangan sel-sel bakteri yang memicu kanker. Dengan konsumsi yang rutin, sel-sel kanker tidak dapat berkembang dan akhirnya mati.

3. Menjaga kesehatan hati

Selain menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker, temulawak juga mampu menjaga kesehatan organ hati. Dengan mengonsumsi temulawak secara rutin, Anda akan tercegah dari masalah kesehatan seperti hepatotoksin yang bisa mengganggu kesehatan hati.

4. Menjaga kesehatan otak

Beragam manfaat temulawak untuk kesehatan tidak sebatas menjaga kesehatan secara fisik. Temulawak juga bisa menjaga kesehatan otak.

Ada dua macam manfaat untuk kategori ini, yakni kesehatan fisik dan mental. Temulawak dapat membantu Anda terhindar dari berbagai masalah dan gangguan pada otak di mana temulawak meningkatkan hormon BDNF di dalam otak.

Baca juga: Apa Itu Gangguan Bipolar? Berikut Penjelasan Lengkapnya

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Anda mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau masalah lainnya? Pecahkan masalah Anda dengan mengonsumsi temulawak.

Temulawak yang punya kandungan anti peradangan ini mampu menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh lho. Temulawak juga dapat merangsang produksi cairan empedu yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh. Dan akhirnya, Anda bisa memperlancar sistem percernaan tubuh.

6. Mengatasi masalah perut

Jika Anda mengalami masalah perut seperti sakit perut, kembung dan lainnya akan mudah diatasi dengan mengonsumsi temulawak. Dengan sistem pencernaan yang kembali lancar, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah perut.

7. Menambah nafsu makan

Pernahkah Anda melihat produk suplemen makanan untuk anak? Biasanya, suplemen makanan tersebut ditujukan untuk menambah nafsu makan anak.

Dan perlu Anda tahu bahwa ternyata bahan dasar pada suplemen multivitamin tersebut adalah temulawak. Maka kita bisa mengetahui bahwa salah satu manfaat dari temulawak adalah menambah nafsu makan.

Kata siapa minuman kuno seperti jamu tidak berguna. Justru jamu adalah minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jamu temulawak adalah salah satunya. Maka segera dapatkan manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh agar kita bisa beraktvitas dengan normal tanpa masalah.

Baca juga: 6 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *