Bagaimana Cara Mendidik Anak Dalam Islam? Yuk, Kita Cari Tahu!

NamaBayimu.com – Anak merupakan anugerah terindah pemberian dari Allah SWT kepada setiap pasangan. Itu sebabnya, mengapa kita selaku orang tua harus merawat dan mendidik anak yang dititipkan dengan baik dan benar. Sebagai penganut agama Islam, setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi sosok yang sholeh dan sholehah. Maka dari itu Anda akan membutuhkan beberapa informasi seputar cara mendidik anak dalam Islam.

Ketika mendidik anak sesuai dengan kaidah agama Islam, Anda perlu mendidiknya mulai dari ilmu dasar keagamaan. Ingin tahu langkah-langkah apa saja yang bisa membantu Anda dalam mendidik anak sesuai dengan kaidah agama? Simak cara-cara di bawah ini.

1. Ajari Anak Tentang Dasar-dasar Islam

Dalam mendidik anak secara Islami, tentunya kita harus mengenalkan ia dasar-dasar agama Islam. Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cintanya terhadap agama Islam dan Allah SWT sejak dini. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadist dari Ibnu Abbas, Rasulullah pernah bersabda “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat ‘Lailaha illaallah’, dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah ‘Lailaha illaallah’. Sesungguhnya barang siapa awal dan akhir pembicaraannya ‘Lailaha illaallah’ kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apapun, tidak akan ditanyakan kepadanya.”

Adapun mengenai hadist lainnya yang menyebutkan bahwa anak di usia 3 tahun harus diajarkan kalimat Tauhid “Lailaha illaallah”. Setelah anak menginjak usia 3 tahun 7 bulan, maka ajarkan ia kalimat “Muhammad Rasulullah”. Dengan mengajarkan kedua kalimat tersebut, maka bukan tidak mungkin akan tertanam rasa cinta terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. 

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Seputar Parenting dan Wanita di Popbela

2. Mengajarinya Tata Cara Berwudhu dan Shalat

Sebelum mengajarkan anak shalat, ada baiknya jika kita mengajari dulu tata cara berwudhu yang sesuai dengan Sunnah Nabi. Setelah itu, kita bisa mengajarinya mana arah kanan dan arah kiri, lalu ajarkan tentang arah kiblat. Jika sudah demikian, barulah kita bisa memulainya untuk mengajak si kecil shalat. Sebagaimana yang telah tertulis dalam sebuah hadist dari HR. Ahmad dan Abu Dawud, “Perintahkan anak-anakmu mengerjakan shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat bila berumur sepuluh tahun, dan pisahlah tempat tidur mereka (anak laki-laki dan perempuan”. 

3. Melatih Anak Untuk Ikut Berpuasa

Penting bagi kita selaku orangtua untuk mengajari anak berpuasa sejak dini. Dalam hal ini, kita bisa memulainya dengan mengajak si kecil untuk makan sahur. Meskipun si kecil hanya mampu berpuasa setengah hari, namun kita harus tetap mengajaknya untuk berpuasa. Lambat laun ia akan mampu berpuasa seharian penuh, meski keesokan harinya hanya mampu berpuasa setengah hari saja.  Ya, karena semuanya itu butuh proses, sehingga kita harus tetap mengajarinya tentang berpuasa selama sebulan penuh. 

4. Berikan Kasih Sayang

Tidak ada hal lain lagi yang diinginkan dari seorang anak, melainkan cinta dan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Demi Allah, aku mempunyai 10 orang anak, tetapi tak satu pun kuciumi di antara mereka”. Nabi pun memandangnya dan berkata, “Barang siapa yang tidak mengasihi, ia tidak akan dikasihi”.

5. Ajari Anak Tentang Adab

Orang yang berilmu belum tentu memiliki adab, namun orang  yang beradab sudah pasti memiliki ilmu. Itu sebabnya, mengapa dalam Islam menganjurkan kepada umat manusia untuk belajar adab terlebih dahulu ketimbang mempelajari ilmu. Soalnya, adab ini mencakup beberapa pelajaran kehidupan sehari-hari, mulai dari cara menghormati orangtua, cara berbicara dengan orangtua, dan kebaikan-kebaikan lainnya. 

Nah, itulah beberapa cara mendidik anak dalam Islam sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Semoga membantu dan menjadi ilmu parenting baru untuk Anda ya! 

Baca juga: Beberapa Fakta Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *