Beberapa Fakta Bayi Baru Lahir Yang Jarang Diketahui

Namabayimu.com – Kelahiran seorang anak pastinya merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orangtua. Karena dengan kelahiran anak, bisa membuat suasana di rumah menjadi lebih hangat karena akan ada tangisan serta tawa sang bayi.

Namun di balik tubuhnya yang mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya yang lembut, tahukah anda ada segudang fakta menarik yang jarang diketahui banyak orang tentang bayi yang baru lahir? Bahkan mungkin ibunya sendiri juga belum mengetahuinya.

Oleh karena itu, dalam artikel tentang bayi kali ini akan coba untuk membahas tentang beberapa fakta bayi baru lahir yang jarang diketahui sebagai berikut:

1. Ketika Baru Lahir, Bayi Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir tidak memproduksi air mata hingga berusia beberapa minggu. Hal ini terjadi karena kelenjar air matanya masih belum benar-benar berkembang dengan sempurna.

Lalu setelah berumur sekitar 2-3 bulan barulah bayi menangis yang disertai linangan air mata. Karena pada usia ini produksi air mata bayi semakin meningkat.

2. Bayi Baru Lahir Memiliki Tanda Lahir

Biasanya setiap bayi yang baru lahir itu memiliki minimal satau tanda lahir. Hal ini bukanlah suatu kelainan, tapi memang normal saja. Dalam hal ini, sekitar 80% bayi dilahirkan dengan memiliki tanda lahir. Tanda lahir ini terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan.

Dimana, tanda lahir ini muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Dan tanda lahir ini akan hilang biasanya saat anak berusia 3 tahun. namun ada beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar.

Baca juga: Jangan Sepelekan 5 Tanda Awal Kehamilan Ini, Wanita Wajib Tahu!

3. Bayi Baru Lahir Memiliki 300 Tulang

Berbeda dengan orang yang sudah dewasa, jumlah tulang bayi yang baru lahir ini sebanyak 300. Namun dengan seiiring bertambahnya usia, maka jumlah tulng berkurang menjadi 206 karena ada beberapa tulang yang menyatu.

Misalnya, tengkorak bayi memiliki beberapa tulang lunak yang saling tumpang tindih selama melahirkan guna memudahkan sang bayi keluar dari vagina sang bunda. Sebelum tengkorak tumbuh sepenuhnya, itu hanya area yang licin dan sensitif.

4. Bayi Baru Lahir Tidak Memiliki Tempurung Lutut

Fakta unik berikutnya dari bayi yang baru lahir adalah tidak memiliki tempurung lutut. Bayi hanya memiliki tulang rawan (kartilago) pada lututnya sebelum akhirnya tulang tempurung lutut muncuk pada usia 6 bulan.

Masih banyak fakta-fakta unik lainnya seputar bayi yang baru lahir yang tidak bisa disebutkan satu persatunya kali ini. Dan semoga informasi ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Berikut 3 Tahapan Proses Kehamilan Penting yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *