9 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Namabayimu.com – Sangat penting untuk ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan sehat. Hal tersebut dibutuhkan untuk selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan supaya berjalan optimalnya tumbuh kembang janin.

Kacang hijau merupakan salah satu makanan sehat yang seringkali direkomendasikan untuk ibu hamil.

Jenis kacang yang satu ini memang terkenal di Indonesia karena relatif murah harganya, selain itu juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, dan kaya akan nutrisi.

Ibu hamil bisa menjadikan kacang hijau sebagai makanan wajib untuk memenuhi nutrisi sehari hari. Ketika terpenuhinya nutrisi ibu hamil maka hal tersebut akan sangat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau, ibu hamil bisa mendapatkan banyak manfaat.

Berikut manfaat kacang hijau untuk ibu hamil:

Manfaat-Kacang-Hijau

1. Mengurangi Resiko Masalah Kehamilan

Kacang hijau mengandung folat yang cukup tinggi, dengan rutin mengkonsumsi folat selama masa kehamilan maka akan dapat membantu memberikan perlindungan pada bayi supaya terhindar dari kelahiran premature, berat badan yang rendah saat dilahirkan, membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), serta mencegah kelainan serius pada otak dan juga sumsum tulang belakang bayi.

2. Menjaga Kesehatan

Vitamin C yang kaya didalam kacang hijau merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mengusir radikal bebas didalam tubuh sehingga akan tetap terjaganya dengan prima kesehatan ibu hamil.

3. Memperkuat Tulang

Vitamin K didalam kacang hijau berperan penting untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Selain itu juga vitamin K ini berfungsi untuk mempertahankan kondisi tulang supaya tetap kuat bagi ibu hamil dan janin didalam kandungannya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah pencernaan. Pasalnya kacang hijau mengandung serat yang kaya, dimana kandungan serat ini dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, dan juga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Baca juga: Jangan Sepelekan 5 Tanda Awal Kehamilan Ini, Wanita Wajib Tahu!

5. Sumber Energi

Kacang hijau juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat ini bisa menjadi sumber energi bagi tubuh ibu hamil. Dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau ini maka energi didalam tubuh ibu hamil akan tetap terjaga.

6. Mencegah Anemia

Jika ibu hamil mengalami anemia selama masa kehamilannya maka akan sangat berbahaya. Karena terjadinya anemia ini sangat beresiko memicu pendarahan ketika persalinan dan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Kandungan zat besi didalam kacang hijau dapat membantu proses pembentukan hemoglobin didalam darah. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau, para ibu hamil bisa terhindar dari anemia.

7. Menjaga Produksi Sel Dan Cairan Tubuh

Kacang hijau juga mengadung kalium yang dapat membantu ibu hamil untuk mempertahankan produksi sel dan menjaga cairan tubuh.

8. Mengurangi Morning Sickness

Kacang hijau juga mengandung Vitamin B yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan mengurangi mual muntah yang sering dialami para ibu hamil diawal awal masa kehamilannya.

Selain itu Vitamin B tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk janin seperti dapat mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Rendahnya kandungan lemak didalam kacang hijau pastinya sangat baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil. Kandungan lemak tak jenuh didalam kacang hijau ini sangat penting untuk kesehatan organ jantung.

Dengan rutin mengkonsumsi kacang hijau yang rendah lemak ini maka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh secara alami.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Selain itu masih ada manfaat lainnya saat ibu hamil rutin mengkonsumsi kacang hijau yaitu dapat membantu tubuh tetap bugar.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Cara Mencegah Kehamilan Yang Paling Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *