Hal yang Harus Diperhatikan Agar Anak Tidak Terjerumus Pergaulan Bebas

Mengatasi kenakalan remaja yang semakin merajalela pada saat ini, merupakan tanggung jawab bersama. Semua elemen masyarakat dan pemerintah harus bekerjasama untuk mengatasi masalah ini. Salah satu elemen yang sangat penting untuk menangani masalah ini adalah keluarga, dalam hal ini adalah orangtua. Untuk itu bagi para orangtua harus mengetahui cara mengatasinya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar anak tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas :

  1. Membentuk Karakter yang Positif

Hal yang harus diperhatikan agar anak tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas yaitu dengan cara membentuk karakter yang positif. Pembentukan 4 karakter manusia sejak kecil sangat diperlukan, supaya anak tersebut dapat menjadi pribadi yang kuat dan berpendirian kokoh. Meskipun mempunyai kesempatan untuk hidup bebas, tetapi anak tersebut dapat mengendalikan dirinya sendiri. Dengan teguh akan pendiriannya, tentunya hal ini merupakan salah satu cara untuk menghindari pergaulan yang bebas.

pendidikan seks untuk anak remaja

  1. Mengisi Waktu Luang

Salah satu faktor yang turut memberikan kesempatan bagi remaja untuk tergiur dengan kehidupan bebas adalah tersedianya banyak waktu luang. Apabila waktu luang tersebut diisi dengan kegiatan yang positif dan berguna, maka tidak akan ada waktu untuk memikirkan hal-hal yang menyimpang. Selain itu, cara untuk bergaul bagi orang pendiam dapat dilakukan dengan cara mengisi waktu melalui kegiatan yang positif.

  1. Memperluas Pengetahuan

Pengetahuan yang luas merupakan kekuatan yang akan membuka cakupan wawasan yang luas. Seseorang akan mudah menentukan pilihan hidupnya,  karena dia sudah mengetahui banyak hal tentang berbagai sisi dan dampak dari pilihan-pilihan yang sudah dia buat. Dan sebaliknya apabila seseorang hanya memiliki sedikit pilihan, maka dia tidak akan tahu bahwa ada banyak pilihan yang lebih baik utnuk kehidupannya. Salah satu contohnya adalah jika dia tidak mempunyai pilihan lain selain gaya hidup bebas, maka dia tidak akan dapat melakukan cara untuk menghindari pergaulan bebas tersebut.

  1. Memperbaiki Komunikasi dengan Keluarga

Tentunya kesenjangan komunikasi antara orangtua dan anak juga, dapat menyebabkan anak untuk memilih jalan yang salah seperti pergaulan bebas.  Hal ini terjadi karena anak tidak mendapatkan bimbingan yang dibutuhkannya dari orangtua, oleh karena itu diperlukan sikap yang lebih luwes dari orangtua untuk dapat memahami jalan pikir anak. Hal ini, dapat menyambung dalam berkomunikasi secara lancar dan juga dapat terciptanya pengertian satu sama lain.

  1. Membatasi Pergaulan

Sebagai orangtua, tentunya anda harus membatasi pergaulan anak yang menurut anda baik atau tidak. Tentunya, anak anda akan terhindar dari pergaulan yang tidak baik atau pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan cara hidup yang tidak baik, dan mempunyai banyak kerugian yang akan ditimbulkan pada seseorang jika menjalaninya. Untuk itu, sebagai orangtua ada baiknya untuk membatasi pergaulan kepada lingkungan atau teman yang hanya akan memberikan pengaruh negatif.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna serta manfaatnya, dan selamat beraktifitas kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *