Lima Tips Agar Anak Kembali Semangat Pergi Ke Sekolah

Setelah berlibur panjang, biasanya anak-anak merasa malas untuk kembali pergi ke sekolah.

Perasaan masih ingin main bersama teman di rumah, bermalas-malasan atau bosan dengan tugas sekolah akan bermunculan dalam pikirannya.

Sebagai orang tua Anda perlu untuk memberikan dukungan semangat pada si kecil untuk kembali masuk ke sekolah.

Tanamkan padanya untuk bersiap belajar menyambut masa depan yang cerah. Untuk itu, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar si kecil bersemangat untuk berangkat ke sekolah.

Memberi gambaran menyenangkan di sekolah satu atau dua hari sebelum masuk sekolah,

Anda bisa mulai untuk mengingatkan anak tentang sekolah. Bercerita mengenai hal-hal yang menyenangkan di sekolah seperti bertemu dengan teman-teman atau pelajaran yang disukainya.

Anda juga bisa meminta si kecil mengenai hal apa yang ia sukai saat di sekolah. Dengan begitu, anak akan mulai kembali mengingat kegiatan di sekolah dan bersiap untuk kembali semngat ke sekolah.

Membantu menyiapkan perlengkapan sekolah

Anak-anak memang harus diajarkan untuk mandiri sejak kecil, mulai dari mempersiapkan peralatan sekolahnya sendiri.

Namun ketika hendek masuk sekolah lagi setelah liburan yang panjang, ada baiknya sebagai orang tua Anda ikut mendampingi si kecil menyiapkan alat-alat sekolahnya.

Ajak mengobrol tentang hal-hal yang ia sukai. Selain membuat moodnya baik, Anda dan si kecil juga semakin dekat dan akrab.

Menawarkan bekal favorit untuk ke sekolah sehari sebelumnya, Anda bisa menawarkan si kecil mengenai bekal makanan apa yang ia inginkan untuk dibawa ke sekolah.

Biarkan ia bebas memilih apa yang disukainya. Anda juga bisa mengkreasikan bekal sekolahnya sehingga terlihat bagus dan si kecil lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah.

Tidur lebih awal

Biasakan anak Anda untuk tidur tepat waktu, agar besoknya bisa bangun pagi dengan keadaaan yang lebih fresh.

Apalagi ketika hari pertamanya masuk lagi ke sekolah. Biarkan ia mendapatkan istirahat yang cukup agar esoknya tidak megantuk saat menerima pelajaran di sekolah

Menyiapkan Hadiah untuk Si kecil

Anda bisa memberinya hadiah istimewa untuk hari pertamanya masuk kembali ke sekolah.

Seperti tas baru atau peralatan sekolah lain. Ajak si kecil untuk memilih sendiri apa yang menjadi barang kesukaannya sehingga ia akan berangkat sekolah dengan lebih gembira.

Selain memberikan semangat untuk berangkat ke sekolah untuk sang buah hati.

Menyiapkan peralatan sekolah baru untuknya bisa Anda lakukan sebagai hadiah. Anak-anak pasti akan menyukainya.

Apalagi jika peralatan sekolah yang Anda berikan bergambar karakter kartun yang anak-anak sukai. Belajar di sekolahpun bisa jadi lebih semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *