Makin Banyak Pedofil Begini Cara Ajari Anak Untuk Jaga Diri

Kecanggihan teknologi saat ini tak hanya memberikan dampak positif. Ada pula dampak negatif yang dihasilkan, misalnya semakin marak peredaran konten pornografi anak.

Ya, beberapa waktu lalu ramai diberitakan adanya grup di salah satu media sosial yang berisikan para pria penyuka anak-anak alias pedofil.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi para orang tua, sebab pelakunya bisa tidak terduga sama sekali.

Banyak kejadian yang justru melibatkan orang terdekat korban, seperti keluarga atau tetangga.

Untuk menghindari hal ini, tentu saja penting mengajarkan anak-anak bagaimana cara menjaga diri mereka.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan memberikan pendidikan seks sejak dini. Tapi sayangnya masih banyak orang tua yang beranggapan hal tersebut tabu dan merasa tidak pantas untuk mengajarkannya kepada anak.

Nah, beberapa cara berikut ini akan membuat Anda lebih mudah mengajari anak pentingnya menjaga organ seksualnya dari orang lain:

Mulai sejak usia muda semakin muda usia anak, akan semakin mudah untuk menanamkan suatu hal.

Anda tak perlu mengajarkannya sesuatu yang rumit kok, cukup katakana hal yang sederhana, seperti “Adik, yang boleh buka celana dan baju adik cuma ayah, ibu, dan kakek nenek, ya!”.

Atau Anda juga bisa mengajarkannya untuk tidak membiarkan orang lain menyentuh tubuhnya secara sembarangan.

Hal seperti ini saja sudah cukup membuat si kecil memahami bahwa tidak semua orang bisa membuka bajunya atau menyentuhnya.

Tidak perlu memberikan ceramah panjang lebar mengenai fungsi organ seksual, toh di usia ini anak masih belum bisa memahaminya dengan baik.

Ajarkan dengan cara menyenangkan beberapa orang tua memang akan merasa kagok saat akan membicarakan pendidikan seks pada anak.

Tapi yang perlu Anda ingat, hindari untuk mengajarkan hal tersebut dalam suasana yang kaku.

Sebisa mungkin ajak anak mengenali tubuhnya dan organ seksualnya dengan cara menyenangkan, misalnya melalui lagu atau buku cerita.

Tak ada salahnya juga lho, memberi nama yang lucu untuk menyebut organ seksual si kecil sehingga ia pun lebih mudah mengingatnya.

Saat ini sudah banyak sekali media yang bisa anda gunakan untuk mengajari pendidikan seks pada anak.

Tinggal beli buku atau mengunduh konten melalui internet. Jangan segan terus mengulang tak semua anak memiliki daya ingat yang baik.

Ada pula tipe anak yang mudah mengingat tapi tidak akan menganggap suatu hal penting, kecuali anda terus mengulangnya.

Maka dari itu, jangan ragu untuk terus mengulangi apa yang sudah Anda ajarkan pada si kecil setiap hari, terutama saat mandi atau berganti pakaian.

Hal tersebut akan membuat si kecil lebih mudah mengingatnya sekaligus akan menjadikannya menandai ajaran Anda sebagai hal yang penting.

Jangan sampai masa depan si kecil rusak karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan buah hati tersayang mendapatkan pendidikan seks sejak dini dengan cara yang menyenangkan serta disesuaikan dengan usianya.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa terus mengupdate pelajaran yang diberikan dan disesuaikan dengan kemampuan berpikirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *