Categories: Relationship

Definisi dan 3 Ayat Al-Quran tentang Pernikahan

Advertisements

Kenali Definisi dan 3 Ayat Al-Quran tentang Pernikahan menurut Ajaran Islam

Sumber: Adelle Jewellery

Menikah menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain itu, menikah juga menjadi sunah Nabi Muhammad SAW. Ada banyak anjuran menikah bagi umat Islam, baik yang tercantum dalam hadist dan juga ayat Al-Quran tentang pernikahan.

Selain bernilai ibadah, ada nilai lain yang terkandung dalam pernikahan menurut Ajaran Islam. Salah satunya adalah ketentraman batin saat memiliki pasangan yang memiliki visi hidup yang sama atau cocok bagi pasangan tersebut.

Sebelum mengetahui ayat Al-Quran tentang pernikahan, baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa makna pernikahan menurut ajaran agama Islam. simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pernikahan Menurut Ajaran Islam.

Sumber: pikiran Rakyat

Di dalam agama Islam, pernikahan dapat diartikan bahwa suatu perjanjian suci yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang ingin melanjutkan hubungan menjadi hubungan yang halal. Mereka akan mengikat janji untuk menyatakan bahwa sudah siap untuk membangun rumah tangga.

Dalam hal ini, perjanjian suci pernikahan dapat dinyatakan ke dalam bentuk ijab dan qabul.

Ijab dan qabul yang merupakan bentuk dari perjanjian pernikahan ini harus dinyatakan oleh satu majelis, baik itu berasal dari langsung dari pihak yang melangsungkan pernikahan (calon suami atau calon istri) atau dapat diwalikan.

Pernikahan dalam Islam merupakan salah satu asas hidup yang bisa membuat umat Muslim menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, pernikahan bukan hanya menjadi cara untuk melaksanakan ibadah saja, tetapi juga berhubungan dengan membangun kehidupan rumah tangga dan keturunan. Bahkan, dengan pernikahan, pintu silaturahmi menjadi terbuka lebar karena menjadi lebih mengenal keluarga suami dan keluarga istri, sehingga antara anggota keluarga yang satu dengan lainnya bisa saling membantu.

2. Ayat Al-Quran tentang Pernikahan.

  1. Qs. An-Nisa Ayat 1.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Yā ayyuhan-nāsuttaqụ rabbakumullażī khalaqakum min nafsiw wāḥidatiw wa khalaqa min-hā zaujahā wa baṡṡa min-humā rijālang kaṡīraw wa nisā`ā, wattaqullāhallażī tasā`alụna bihī wal-ar-ḥām, innallāha kāna ‘alaikum raqībā.

Advertisements

Artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

  1. Qs. Az-Zariyat Ayat 49.

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Wa ming kulli syai`in khalaqnā zaujaini la’allakum tażakkarụn.

Artinya: Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

  1. Qs. Ar-Rum Ayat 21.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn.

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Baca juga: Arti Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

Advertisements
Rianti Fadila

Share
Published by
Rianti Fadila

Recent Posts

7 Tips Menghadapi Anak Tantrum, Tenangkan Si Kecil dalam Sekejap!

Menghadapi anak yang sedang tantrum bisa menjadi tantangan besar bagi para orang tua. Tantrum adalah…

2 days ago

Vitamin yang Bagus untuk Balita, Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak!

Sebagai orang tua, kita selalu ingin yang terbaik untuk anak-anak kita, termasuk dalam hal nutrisi.…

4 days ago

Manfaat Public Speaking, Kuasai Seni Berbicara dan Raih Kesuksesan!

Public speaking atau berbicara di depan umum seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang.…

2 weeks ago

5 film korea yang dilarang tayang,Kontroversi Sinematik Terungkap!

Dunia perfilman Korea Selatan terkenal dengan berbagai genre dan ceritanya yang memikat. Namun, di balik…

3 weeks ago

Mengatasi Anak Susah Makan, Solusi Ampuh untuk Orang Tua!

Memiliki anak yang susah makan memang bikin orang tua stres dan cemas. Berbagai cara sudah…

4 weeks ago

Tes Kesehatan Mental, Memahami Diri Sendiri Lebih Dalam!

Pernahkah Anda merasa ingin tahu tentang kondisi kesehatan mental Anda? Atau mungkin Anda mengalami gejala…

1 month ago