Categories: Relationship

Arti Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

Advertisements

Inilah Arti Komitmen Dalam Hubungan Percintaan, Hanya Orang Setia Yang Bisa Melakukannya

Sumber: Pexels

Hal apa yang menjadi penting dalam sebuah hubungan percintaan? Ya, Komitmen. Komitmen adalah salah satu kunci suksesnya dalam sebuah hubungan. 

Apa arti dari komitmen itu sendiri? Komitmen adalah gambaran suatu pengabdian atau perjanjian pada seseoarang terhadap suatu hal dalam jangka waktu yang lama. 

Komitmen menjadi tanggung jawab diri kepada pasangan yang perlu dijaga bersama-sama. Hal seperti ini tidak dapat ditemukan dalam jalinan pertemanan biasa. Ketika kamu rela mendedikasikan diri, waktu, dan cinta kepada pasangan dalam jangka waktu panjang, misalnya dalam ikatan pernikahan.

Hal inilah yang disebut komitmen. Disaat kamu dan pasangan sudah membuat kesepakatan untuk berkomitmen dalam suatu hubungan, itu artinya kamu dan pasangan telah siap menerima keadaan dan situasi apapun, baik dalam keadaan senang maupun sulit.

Tekad untuk saling berkomitmen akan menjadikan hubungan memiliki masa depan dan tujuan yang jelas. Arti komitmen dalam hubungan percintaan bisa diwujudkan dalam beberapa tindakan seperti dibawah ini:

1. Niat Ingin Menjalin Hubungan Yang Serius

Sumber: Pexels

Hal pertama, ketika kamu dan pasangan sudah saling bertekad untuk menjalin hubungan yang serius hal ini dikatakan sebagai salah satu bentuk komitmen dalam hubungan percintaan. 

Kapan komitmen ini akan terlihat nyata? Komitmen akan bisa dilihat dari cara kamu dan pasangan menyelesaikan masalah dan berkompromi. 

Tetapi orang yang ingin menjalani hubungan santai juga sama tetap memiliki komitmen. Hanya saja mereka perlu waktu cukup lama untuk melakukan komitmen.

2. Adanya Perbincangan dan Membahas Tentang Masa Depan

Sumber: Pexels

Hubungan yang serius, tidak cukup hanya saling sepakat untuk berkomitmen. Tapi, penting juga untuk membicarakan masa depan, termasuk rencana-rencananya. Hal ini tidak hanya mencangkup keinginan menikah. 

Kamu dan pasangan juga harus memiliki sikap ketika datangnya persoalan nanti yang akan datang dalam rumah tangga, seperti masalah ekonomi keluarga atau masa depan anak.

Advertisements

3. Milikilah Hubungan yang Saling Terbuka dan Setia

Sumber: Pexels

Kesetiaan pasangan merupakan cerminan bentuk komitmen dalam sebuah hubungan. Karena, komitmen bisa juga diartikan sebagai keterikatan.

Ketika kamu sudah memiliki keterikatan emosional dengan pasangan, maka sudah seharusnya kamu dan pasangan saling terbuka dan jujur mengenai persoalan yang sifatnya umum atau pribadi.

4. Mau Berkorban 

Sumber: Pexels

Dalam hubungan, diperlukan juga suatu pengorbanan. Apalagi pengorbanan ini dilakukan untuk kebaikan bersama. Pengorbanan tidak harus melakukan hal yang besar, dari hal yang kecil saja bisa. Misalnya, kamu menemani pasangan saat melakukan hobinya, padahal kamu kurang suka hobi tersebut.

5. Saling Membangun Kepercayaan 

Sumber: Pexels

Saling percaya adalah salah satu hal yang bisa mempertahankan komitmen satu sama lain. Aspek penting ini harus mulai di bangun dan ditanamkan sejak awal memulai hubungan dengan pasangan. Hubungan yang tidak dilandasi dengan rasa saling percaya akan sulit bertahan.

6. Buatlah Kenangan Bersama

Sumber: Pexels

Cara lainnya adalah dengan membuat momen atau memperbanyak kenangan bersama pasangan. Misalnya, liburan bersama di tempat wisata yang kamu dan pasangan paling sukai.

Kenangan yang indah akan membantu kamu dan pasangan saat masa masa sulit hadir yang mungkin akan muncul sepanjang perjalanan dengannya. 

7. Selesaikan Konflik Sampai Tuntas

Sumber: Pexels

Jika kamu dan pasangan memiliki konflik, usahakan untuk membicarakan dengan kepala dingin dan menyelesaikannya dengan cara yang baik-baik. Usahakan untuk tidak teriak atau melakukan kekerasan verbal terhadap pasangan, apalagi sampai menuduh. 

Pada akhirnya kamu dan pasangan harus saling bisa menerima kritik, tidak keras kepala, dan kelapangan hati untuk bisa saling memaafkan satu sama lain. 

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun untuk Mantan, Dijamin Mantanmu Ngajak Balikan!

Advertisements
Rianti Fadila

Share
Published by
Rianti Fadila

Recent Posts

7 Tips Menghadapi Anak Tantrum, Tenangkan Si Kecil dalam Sekejap!

Menghadapi anak yang sedang tantrum bisa menjadi tantangan besar bagi para orang tua. Tantrum adalah…

1 day ago

Vitamin yang Bagus untuk Balita, Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak!

Sebagai orang tua, kita selalu ingin yang terbaik untuk anak-anak kita, termasuk dalam hal nutrisi.…

4 days ago

Manfaat Public Speaking, Kuasai Seni Berbicara dan Raih Kesuksesan!

Public speaking atau berbicara di depan umum seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang.…

2 weeks ago

5 film korea yang dilarang tayang,Kontroversi Sinematik Terungkap!

Dunia perfilman Korea Selatan terkenal dengan berbagai genre dan ceritanya yang memikat. Namun, di balik…

3 weeks ago

Mengatasi Anak Susah Makan, Solusi Ampuh untuk Orang Tua!

Memiliki anak yang susah makan memang bikin orang tua stres dan cemas. Berbagai cara sudah…

4 weeks ago

Tes Kesehatan Mental, Memahami Diri Sendiri Lebih Dalam!

Pernahkah Anda merasa ingin tahu tentang kondisi kesehatan mental Anda? Atau mungkin Anda mengalami gejala…

1 month ago